Posted by : ayunichan October 15, 2012


Mari mengenal korupsi lebih dekat.. Semakin kita tahu  apa itu korupsi dan apa saja yang termasuk korupsi, maka kita juga bisa tahu bagaimana cara mengatasi dan memberikan solusi tentang korupsi yang sudah seperti budaya di Indonesia.
Korupsi (bahasa Latincorruptio dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik, menyogok). Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka. [sumber]
Dari wikipedia di dapat bahwa korupsi itu perilaku pejabat publik yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.  Jelas kita sudah menaruh kepercayaan itu, seharusnya mereka dapat menjaga dan menjalankan amanah ini dengan benar. mereka harus mampu bertanggung jawab tentang hak dan kewajiban mereka. 
Jika dilihat berdasarkan motif perbuatannya, korupsi itu terdiri dari empat macam, yaitu:
  • Corruption by Greed, motif ini terkait dengan keserakahan dan kerakusan para pelaku korupsi.
  • Corruption by Opportunities, motif ini terkait dengan sistem yang memberi lubang terjadinya korupsi.
  • Corruption by Need, motif ini Berhubungan dengan sikap mental yg tdk pernah cukup, penuh sikap konsumerisme dan selalu sarat kebutuhan yg tidak pernah usai.
  • Corruption by Exposures, motif ini berkaitan dengan hukuman para pelaku korupsi yg rendah. [sumber]
 Jika dilihat dari pengelompokan di atas, korupsi mempunyai beberapa motif, dari keserakahan, kesempatan, kebutuhan, dan hukuman. Memang ada sifat dasar manusia yang mana selalu tidak pernah merasa cukup. Maka cara paling ampuh untuk mengatasi sifat itu adalah melihat kebawah, dimana masih banyak yang lebih kekurangan dari kita, masih banyak orang yang lebih membutuhkan \, dan jangan serakah, karena serakah bukan perbuatan yang terpuji. Dan ingat masih banyak selain harta benda yang akan membuat kita menjadi orang yang bahagia, seperti keluarga, teman dan rasa sayang.

Tentu kita ingin untuk menghilangkan korupi dari tanah air tercinta ini, namun hal yang paling benar dan mudah adalah memulainya dari diri kita sendiri, mulai untuk tidak bersinggungan dengan korupsi, dan terus hidup dalam kejujuran, pasti kita bisa menjadi manusia yang hebat tanpa korupsi.


Lomba blog Kita VS Korupsi


Leave a Reply

HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan jika melakukan copy paste atau pengutipan untuk menyertakan link ke halaman artikel di blog ini.
Tinggalkanlah komentar atau pertanyaan jika anda merasa postingan ini baik.
Terimakasih.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Belajar Bahasa Bersama? AAYok!! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Annisa Ayu Yunita -