Posted by : ayunichan August 30, 2012


Mari kita pelajari partikel で, kegunaannya adalah:

A. Partikel dapat menunjukkan tempat kokrit terjadinya suatu kegiatan.
Contoh:
1. 教室でお弁当を食べましょう。[Ayo makan bento di kelas.]
2. デパートで靴を買いました。[Membeli sepatu di Mall.]

B. Partikel dapat menunjukkan tempat abstrak terjadinya suatu kegiatan.
Contoh:
1. 会議意見を述べます。[Mengemukakan pendapat di rapat.]
2. 日本語の授業で質問します。[Saya bertanya di pelajaran bahasa Jepang.]

C. Partikel dapat menunjukkan tempat terjadinya suatu acara.
Contoh:
1. あしたこのホールで説明会があります。[Besok akan ada brifing di Hall ini.]
2. 体育館でスポーツ大会があります。[Akan ada turnamen olah raga di gedung olah raga.]


NB: Partikel digunakan untuk menyebutkan tempat terjadinya suatu kegiatan, dimana tempatnya cukup luas. Dan partikel digunakan saat adanya aktivitas. Seperti makan, belajar, dkk. Ada juga kata kerja yang tidak menunjukkan aktivitas namun menggunakan partikel , misalnya tidur, istirahat. Tapi, penggunaan partikel tergantung pada tempat yang akan kita sebutkan. Jika tempatnya luas kita dapat menggunakan partikel tersebut.

D. Partikel dapat menunjukkan sebab.
Contoh:
1. 事故で電車が止まっています。[Karena kecelakaan, kereta nya berhenti.]
2. 毎日雨でテニスの練習ができません。[Karena setiap hari hujan, tidak dapat berlatih tenis.]

E. Partikel dapat menunjukkan cara atau sarana yang digunakan.
Contoh:
1. バスで学校へ行きます。[Berangkat ke sekolah menggunakan bis.]
2. 英語で手紙を書きます。[Menulis surat dengan bahasa Inggris.]

F. Partikel dapat menunjukkan material yang digunakan.
Contoh:
1. このバターと卵でおいしいケーキを焼けます。[Mentega dan telur ini bisa untuk membuat kue yang enak.]
2. 紙で人形を作ります。[Membuat boneka dari kertas.]

G. Partikel dapat menunjukkan batas waktu.
Contoh:
1. 後5分試験が終わります。[Lima menit lagi ujian akan selesai.]
2. 作文は30分で書き終わらなければなりません。[Tiga puluh menit lagi mengarangnya harus selesai.]

H. Partikel dapat menunjukkan ruang lingkup untuk bahasan “paling/ter~”.
Contoh:
1. クラスでせいが一番高いのは田中さんです。[Yang paling tinggi di kelas adalah Tanaka.]
2. 世界で一番高い建物はなんですか。[Bangunan apa yang paling tinggi di dunia?]

I. Partikel dapat menunjukkan lingkup / jumlah tertentu.
Contoh:
1. この本が一週間で読めます。[Buku ini dapat dibaca dalam dua minggu.]
2. これは2万円で買えるテレビです。[Ini adalah televisi yang dapat dibeli dengan 20.000 yen.]

J. Partikel dapat menunjukkan subjek pelaku.
Contoh:
1. 自分で料理を作ります。[Saya memasak sendiri.]
2. 家族で旅行するつもりです。[Bermaksud wisata dengan keluarga.]

K. Partikel dapat menunjukkan kondisi saat berlangsungnya perbuatan.
Contoh:          
1.      車はすごいスピードで走り去った。[Mobil itu melaju dengan kecepatan tinggi.]
2.      そんなこわい目で見ないでください。[Jangan melihat dengan mata yang menakutkan seperti itu.]

L. Partikel dapat menunjukkan sumber informasi yang didapat.
Contoh:
1.      テレビの天気予報で見ると、あしたは雨だそうだ。[Menurut perkiraan cuaca di televisi yang saya tonton, besok akan turun hujan.]
2.      彼女が嬉しい思っているのは、顔でわかる。[Dia terlihat senang dari raut wajahnya.] 



sumber:
初級日本語文法総まとめ1課.
Sugihartono.1963.Nihongonojoushi.Bandung:Humaniora Utama Press.
Prasetiawan,Ardi.2012.Pintar Menggunakan Partikel Bahasa Jepang.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.


Leave a Reply

HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan jika melakukan copy paste atau pengutipan untuk menyertakan link ke halaman artikel di blog ini.
Tinggalkanlah komentar atau pertanyaan jika anda merasa postingan ini baik.
Terimakasih.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Belajar Bahasa Bersama? AAYok!! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Annisa Ayu Yunita -