Posted by : ayunichan November 05, 2011

Belajar partikel dari buku やさしい日本語(にほんご)

Beberapa kata bantu/partikel (joshi -() 助詞(じょし)

1. WA ()
Sebagai kata bantu suatu topik/subyek (dalam Hiragana ditulis dengan huruf ha)
(わたし)学生(がくせい)です 「わたし は がくせい です」
Saya adalah siswa
明日(あした)日曜日(にちようび)です 「あした は にちようび です」
Besok adalah (hari) minggu


2. KA ()
Sebagai kata bantu kalimat tanya (diletakkan pada akhir kalimat)
あなたは学生(がくせい)ですか? 「あなた は がくせい です か?」
Apakah kamu (seorang) siswa?
あれはホテルですか?
Apakah itu hotel?
アジアジャ(あじあじゃ)(さま)はきますか? 「アジアジャ(あじあじゃ) さま きます か?」
Apakah Tuan Ajiaja akan datang?


3. MO ()
- Sebagai kata bantu suatu hal/predikat yang sama dengan kalimat sebelumnya = juga/pun
それは(ほん)です、それも(ほん)です 「(ほん):ほん」
Ini adalah buku, itu juga buku
- Sebagai kata bantu yang menyatakan dua hal/dua topik yang sama. Dalam hal ini kata bantu wa tidak diperlukan lagi = baik...juga/maupun ...
これもそれも(ほん)です
Baik ini maupun itu buku


4. NO ()
Menyatakan milik/kepunyaan ( A no B = B milik A atau B-nya A)
これは(わたし)漫画(まんが)です 
Ini adalah manga milik saya/ manga saya
本田(ほんだ)日本(にほん)(くるま)です
Honda adalah mobil (buatan) Jepang
これは(わたし)日本(にほん)携帯(けいたい)です
Ini adalah HP Jepang saya


5. GA ()
- Seperti kata bantu wa namun kata bantu ga lebih menekankan pada predikatnya
警察(けいさつ)がいます
Ada polisi
- Sebagai kata bantu kata ganti tanya
(だれ)がいますか?
Ada siapa?
(ほん)がありますか?
Ada buku?
- Ket:
あります  : buat benda mati
います : buat makhluk hidup


6. NI ()
- Menyatakan suatu keadaan di suatu tempat = di
(つくえ)(ほん)があります「(つくえ):つくえ」
Dimeja ada buku
- Sebagai kata bantu keterangan waktu
七時(しちじ)()きます 「七時(しちじ):ななじ、 (ぎょう):い」
Pergi pada jam 7
月曜日(げつようび)日本語(にほんご)勉強(べんきょう)します 「月曜日(げつようび):げつようび、勉強(べんきょう):べんきょう」
Belajar bahasa Jepang pada hari senin
- Sebagai kata bantu obyek tujuan = ke 
日本(にほん)()きます
Pergi ke Jepang


7. TO ()
- Menyebutkan 2 atau lebih kata benda = ... dan ...
(つくえ)(ほん)とぺんがあります (つくえ):つくえ」
Di meja ada buku dan pena
(つくえ)(ほん)とぺんとめがねがあります
Di meja ada buku, pena dan kacamata
- Sebagai kata bantu keterangan penyerta/orang
わたしは友達(ともだち)()きます 「友達(ともだち):ともだち」
Saya pergi bersama/dengan teman
- Menyatakan suatu perbandingan
みかんとりんごとどちらが()きですか? 「()き:すき」
Jeruk dengan apel, suka yang mana?


8. YA ()
Seperti pada TO yakni menyebutkan 2 atau lebih kata benda, namun selain benda yang disebutkan, masih ada benda yang lain. = ...dan...dan lain-lain
(つくえ)(ほん)ペン(ぺん)があります
Di meja ada buku dan pena dan lain-lain
(つくえ)(ほん)ペン(ぺん)やめがねがあります
Di meja ada buku, pena, kacamata dan lain-lain


9. KARA (から)
Menyebutkan titik awal. = dari.../sejak.../mulai...
七時(しちじ)からです
Dari/mulai jam 7
七時(しちじ)から勉強(べんきょう)します
Belajar dari/mulai jam 7


10. MADE (まで)
Menyebutkan titik tujuan. = sampai.../hingga...
九時(きゅうじ)までです
Sampai/hingga jam 9
九時(きゅうじ)まで勉強(べんきょう)します
Belajar sampai/hingga jam 9
七時(しちじ)から九時(きゅうじ)まで勉強(べんきょう)します
Belajar dari jam 7 sampai jam 9


11. NE ()
Menyatakan kata seru/meminta suatu persetujuan pihak lawan. = ...ya!/ ... bukan?
Kata bantu NE diletakkan pada akhir suatu kalimat.
この()(もの)は美味しいですね 「()(もの):たべもの、美味しい:おいしい」
Makanan ini enak ya!
あいつは(きみ)彼女(かのじょ)ですね 「(きみ):きみ、彼女(かのじょ):かのじょ」
Orang itu pacarmu bukan?


12. YO ()
Menyebutkan kata seru suatu penegasan. = ...lho!
Kata bantu YO diletakkan pada akhir suatu kalimat
明日(あした)は休みですよ 「明日(あした):あした、(やす)み:やすみ」
Besok libur lho!
エコ(えこ)さんの(くるま)(あたら)しいですよ 「(くるま):くるま、(あたら)しい:あたらしい」
Mobil Eko baru lho!


13. O ()
Sebagai kata bantu obyek yang dikenai tindakan/obyek penderita
Kata bantu O dalam Hiragana ditulis dengan huruf WO ->
(わたし)毎日(まいにち)テレビ(てれび)()ます 「毎日(まいにち):まいにち、(けん):み」
Saya tiap hari melihat TV
父さんは新聞(しんぶん)()みましたか 「(ちち):ちち、新聞(しんぶん):しんぶん」
Apakah ayah sudah membaca koran?


14. E ()
Sebagai kata bantu obyek tujuan = ke ...
Kata bantu E dalam Hiragana ditulis dengan huruf HE ->
(わたし)明日(あす)スラバヤ(すらばや)()きます
Saya pergi ke Surabaya besok
山下(やました)さんはいつ日本(にほん)へ帰りますか? 「(かえ)ります:かえります」
Pak Yamashita kapan pulang ke Jepang?


15. DE ()
- Sebagai kata bantu suatu sarana/alat
バイク(ばいく)()きます
Pergi dengan sepeda
えんぴつで()きます 「()きます:かきます」
Menulis dengan pensil
日本(にほん)(はな)します 「(はな)し:はなし」
Berbicara dengan/dalam bahasa Jepang
- Sebagai kata bantu suatu kegiatan/gerakan/aktivitas disuatu tempat
教室(きょうしつ)勉強(べんきょう)します 「教室(きょうしつ):きょうしつ、勉強(べんきょう):べんきょう」
Belajar di kelas
(わたし)毎日図書館(まいにちとしょかん)新聞(しんぶん)()みます 「図書館(としょかん):としょかん、()みます:よみます」
Saya setiap hari membaca koran di perpustakaan


16. YORI (より)
Menyatakan suatu perbandingan. = lebih ... daripada ...
氷柱(ひょうちゅう)ちゃんはゆかりちゃんよりきれいですね 「氷柱(ひょうちゅう):つらら」
Tsurara-chan lebih cantik dari Yukari-chan ya!
ドリアン(どりあん)はみかんより(たか)いですね 「(たか)い:たかい」
Durian lebih mahal daripada jeruk ya!
)


NB: ini partikel dasar untuk pemula.. selanjutnya akan ku bahas satu satu dengan metode linguistik. Tunggu ya ^^

{ 6 komentar... read them below or Comment }

  1. Makasihhhh... Arigato Gozaimasu... ^^
    nambah ilmu niih
    mampir http://ricky-hyde.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. makasih dah mau mampir :gowes:

    ReplyDelete

HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan jika melakukan copy paste atau pengutipan untuk menyertakan link ke halaman artikel di blog ini.
Tinggalkanlah komentar atau pertanyaan jika anda merasa postingan ini baik.
Terimakasih.

- Copyright © Belajar Bahasa Bersama? AAYok!! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Annisa Ayu Yunita -