Posted by : ayunichan December 06, 2010






Pada saat ini, perkembangan Teknologi dan Informasi Komunikasi (TIK) di berbagai bidang sangatlah pesat dan dilihat sebagai suatu keperluan dan juga kesempatan. Pada bidang pendidikan bahasa Jepang, misalnya, perkembangan TIK dapat memberikan dimensi baru kemampuan literasi bagi pembelajaran; TIK mampu memberikan kesempatan berkreasi bagi penulis-penulis muda. Kemampuan menulis yang baik sangatlah penting bagi pembelajar kelak. Untuk mulai menulis, pembelajar bisa mulai dari sesuatu yang sederhana dan informal, misalnya jurnal/diari kegiatan sehari-hari.
Namun, pembelajaran menulis saat ini masih dirasakan konvensional dimana pengajar masih sering menyuruh pembelajarnya membuat suatu tulisan langsung tanpa proses menulis. Seringkali topik yang diberikan terbatas sehingga kurang menarik, tidak menantang eksplorasi, kehilangan unsur inovasi dan kreasi. Bahkan, pengajarlah yang sering, selama ini, menjadi satu-satunya pemeriksa dari tulisan pembelajar sehingga kurangnya umpan balik dan interaksi dalam proses menulis tersebut. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan menulis pembelajar dengan memanfaatkan TIK adalah dengan website dan blog (jurnal online).
 Website atau blog adalah sebuah jurnal online dimana pembelajar bisa menulis apapun yang menurut mereka menarik, mengeditnya, mempublikasikannya, dan bahkan membuatnya menjadi media pertukaran informasi (sharing) bagi semua yang terlibat didalamnya. Dipercaya bahwa menulis dengan memanfaatkan website atau blog dapat memberikan audiens yang nyata dan potensial untuk perbaikan tulisan pembelajar, inovasi, eksplorasi, dan kreasi yang lebih baik, memberikan interaksi yang lebih dinamis, kemampuan literasi yang lebih baik, bahkan perkembangan bekerja dalam tim.
 Akses ke sumber informasi. Sebelum adanya Internet, masalah utama yang dihadapi oleh pendidikan (di seluruh dunia) adalah akses kepada sumber informasi. Perpustakaan yang konvensional merupakan sumber informasi yang sayangnya tidak murah. Buku-buku dan jurnal harus dibeli dengan harga mahal. Pengelolaan yang baik juga tidak mudah. Sehingga akibatnya banyak tempat di berbagai lokasi di dunia (termasuk di dunia Barat) yang tidak memiliki perpustakaan yang lengkap. Adanya Internet memungkinkan mengakses kepada sumber informasi yang mulai tersedia banyak. Dengan kata lain, masalah akses semestinya bukan menjadi masalah lagi.
Internet dapat dianggap sebagai sumber informasi yang sangat besar. Bidang apa pun yang anda minati, pasti ada informasi di Internet. Contoh-contoh sumber informasi yang tersedia secara online antara lain:
  • Library
  • Online Journal
  • Online courses.
Di Indonesia, masalah kelangkaan sumber informasi konvensional (perpustakaan) lebih berat dibanding dengan tempat lain. Adanya Internet merupakan salah satu solusi pamungkas untuk mengatasi masalah ini.
Akses ke pakar. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain. Seorang siswa di Makassar dapat berkonsultasi dengan dosen di Bandung atau bahkan di Palo Alto, Amerika Serikat.
Media kerjasama. Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih murah.
Sama halnya dalam bidang budaya dan kesusastraan. Dimana user tidak hanya melihat cara penulisan, namun juga cara pelafalan. Bahasa Jepang, adalah bahasa yang tidak mudah untuk dipelajari sendiri. Namun dengan akses internet bahasa Jepang dapat kita latih sendiri didepan komputer / laptop yang sedang berkoneksi ke internet.
Sudah banyak website atau blog baik dari Jepang atau buatan orang Indonesia. Website dan blog itu tentunya tak hanya mengajari pola kalimat dalam bahasa Jepang untuk keseharian, namun juga cara menulis huruf Jepang,bahkan sekarang banyak yang menggunakan audio (suara) untuk mempermudah user untuk melatih percakapan ataupun pengucapan kata dalam bahasa Jepang.
            Kita ambil beberapa contoh website yang digemari orang untuk melatih bahasa Jepangnya, yang pertama yaitu http://smart.fm . Di website ini kita tidak hanya diberi kata kata dalam bahasa Jepang, tapi juga cara pelafalan yang benar. Bagaimana seharusnya kita berbicara dalam bahasa Jepang. Yang kedua http://japaneseclass.jp/ . Di website ini user diberi contoh pola kata kata dalam bahasa Jepang. Namun yang membuat website ini lebih menarik adalah adanya tingkat level untuk latihan. Itu mempermudah pembelajaran bagi orang yang benar-benar baru memulai untuk belajar bahasa Jepang. Bukan hanya melatih bahasa Jepang, tapi di website ini mereka dapat berdiskusi dengan orang lain dengan system seperti jejaring social umum lainnya. Tentu bukan hanya dengan user dalam negeri, tapi internasional.
 Yang ketiga adalah forum online http://2ch.net/ yang sudah terkenal didunia maya. Juga ada website ke empat http://www.guidetojapanese.org diwebsite tersebut kita akan diajarkan cara menulis, membuat kalimat, hingga kebudayaan dan kebiasaan orang orang Jepang. Namun keempat website ini di akses dengan menggunakan bahasa Inggris kecuali pada  http://id.japaneseclass.jp/ kita dapat memilih ingin dipandu dengan bahasa Indonesia.
            Kedua website itu adalah contoh – contoh website yang sudah memiliki level tinggi dan ketenaran internasional. Sekarang contoh website lokal atau dari dalam negeri.  Yang pertama adalah www.yukbelajarnihongo.blogspot.com . Dan yang kedua adalah http://shokipedia.blogspot.com . Dengan bermodalkan blog dari blogger.com sang penulis mencoba berbagi ilmu sastra Jepang. Dari cara penulisan huruf Jepang yang simpel hingga pola kalimat beserta kebudayaan asli Jepang. Sedangkan situs nasional pembelajaran Jepang adalah http://www.learnjapanese.co.nr/ disitu kita bisa menebak huruf Jepang, mendownload kamus atau software , pelajaran bahasa Jepang, mengafal huruf Kanji, artikel tentang Jepang, dan disertai tes online serta Forum untuk berdiskusi. Tentu saja ketiganya dipandu dengan bahasa Indonesia.

sumber : copas dan editing ^^

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. mantaf makasi ilmunya yakk. teruslah berbagi pengetahuan

    ReplyDelete
  2. kita juga punya nih artikel mengenai pemanfaatan blog online, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1099/1/10206661.pdf
    trimakasih

    ReplyDelete
  3. wah, terima kasih masukannya.. pasti saya baca biar tambah wawasan..

    ReplyDelete

HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan jika melakukan copy paste atau pengutipan untuk menyertakan link ke halaman artikel di blog ini.
Tinggalkanlah komentar atau pertanyaan jika anda merasa postingan ini baik.
Terimakasih.

- Copyright © Belajar Bahasa Bersama? AAYok!! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Annisa Ayu Yunita -