Posted by : ayunichan December 18, 2010


Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi. Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, "sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasigas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia"[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.
Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim, serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.
Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuwan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekuensi-konsekuensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

Mencegah Global Warming dengan mengetahui cara menggunakan teknologi yang baik dan benar.
Ayo kita cari tau gimana sih menggunakan teknologi yang benar??
1.  Jangan berlebihan menggunakan alat elektronik anda.
Gunakan secukupnya dan pada saat yang dibutuhkan saja. Jika anda seorang yang pelupa, gunakan timer untuk mematikan alat elektronik anda secara otomatis.
2. Gunakan alat elektronik yang hemat energi.
Walaupun lebih mahal, namun dapat 80% lebih hemat dan tahan lama.
3. Hindari posisi standby pada alat elektronik anda.



 Jika semua peralatan rumah tangga dimatikan akan mengurangi emisi gas CO2 yang dapat mengehemat energi.
4. Jika anda mengisi ulang baterai (hp, kamera, laptop, dsb) cabut setelah baterai anda penuh.
Atau aliran listrik akan terbuang sia-sia dan membuat alat elektronik anda cepat rusak.
5. Kurangi waktu membuka lemari es.
Karena untuk setiap menit anda membuka lemari es, akan diperlukan 3 menit full energi untuk mengembalikan suhu kulkas ke suhu yang diinginkan.
6.  Hindari menggunakan produk semprot yang menggunakan aerosol.
 Pilihlah spray dalam kemasan botol kaca, karena aerosol menyumbang besar untuk pencemaran udara kita.
7. Ganti bahan bakar anda dengan bahan bakar yang dapat diperbaharui (bio solar/bio pertamax).
8.  Gunakan peralatan dengan baterai isi ulang.
Jika harus menggunakan baterai yang satu kali pakai, gunakan Li-Ion dan NiMH yang sangat kecil kandungannya.


Sumber =

Leave a Reply

HATI-HATI COPY PASTE
Diharapkan jika melakukan copy paste atau pengutipan untuk menyertakan link ke halaman artikel di blog ini.
Tinggalkanlah komentar atau pertanyaan jika anda merasa postingan ini baik.
Terimakasih.

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Belajar Bahasa Bersama? AAYok!! - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Edited by Annisa Ayu Yunita -